Logo

Logo
Breaking News
Loading...
Selamat Datang Di Media Informasi dan Komunikasi Dari PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Campurdarat
Kamis, 20 November 2014

Pemeliharaan adalah pelestarian

Kamis, November 20, 2014

“Lebih mudah dan efektif mencegah kerusakan dari pada memperbaiki prasarana yang sudah rusak.” Tag line dari pemeliharaan kiranya kurang lebih adalah seperti tersebut.
Pengertian pemeliharaan adalah usaha – usaha dan kegiatan – kegiatan yang harus dilakukan untuk menjaga agar prasarana yang sudah dibangun selalu dapat berfungsi dengan baik sehingga dapat dioperasikan secara optimal dan terjaga kelestariannya.
Masih sering dijumpai ketika sarana yang telah direncanakan sendiri, dikerjakan sendiri, tetapi setelah terwujud dibiarkan begitu saja. Hanya dimanfaatkan, tanpa dirawat. Melalui Kegiatan Pelatihan Tim Pemeliharaan, PNPM Mandiri Perdesaan pada dasarnya mengajak kita semua untuk kita dapat merasa ikut memiliki atas apa yang telah kita bersama rencanakan. Tidak hanya untuk kegiatan dari PNPM MPd saja, tetapi ketika kita semua sudah memahami pentingnya pemeliharaan dan pelestarian, tentu segala kegiatan yang ada di masyarakat dapat kita pelihara agar memiliki usia pekerjaan yang panjang dan dapat tetap memberikan manfaat yang optimal.


Pelatihan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Pelem, Kecamatan Campurdarat pada tanggal 20 November 2014 dihadiri oleh Tim dari seluruh Desa yang ada di Kecamatan Campurdarat. Adapun setiap tim, beranggotakan 3 orang. Tim Pemeliharaan di bentuk melalui musyawarah desa.

Acara yang dibuka oleh Bapak Siswo Santoso selaku Satker dari BPM-PD Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa peran serta masyarakat adalah mutlak karena pemeliharaan yang ada adalah bagian dari bentuk kepemilikan dari masyarakat desa yang telah merencanakan dan melaksanakannya sendiri.

0 komentar :

Posting Komentar

Tragedi Kemiskinan Yang Sesungguhnya Adalah Kemiskinan Dari Aspirasi
 
Toggle Footer