Logo

Logo
Breaking News
Loading...
Selamat Datang Di Media Informasi dan Komunikasi Dari PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Campurdarat
Rabu, 21 Mei 2014

“Membangun Generasi Mandiri dan Peduli Sesama Bersama PNPM MPd”

Rabu, Mei 21, 2014


PNPM Mandiri Perdesaan secara resmi masuk di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung sejak tahun 2010. PNPM merupakan Program Pengentasan Kemiskinan / program-program  pro-rakyat yang nyata dirasakan manfaatnya oleh rakyat baik di bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang usaha mikro, kecil, dan koperasi, di bidang pembangunan daerah. Begitu juga apa yang sudah dilakukan oleh Pelaku PNPM Kecamatan Campurdarat. Melalui Alokasi Dana Surplus UPK yang dialokasi untuk bantuan Bansos di seluruh desa yang ada di Kecamatan Campurdarat (sebanyak 9 desa). Adapaun alokasi yang diberikan sebanyak 700 paket sembako yang terdiri dari beras, gula, kecap, mie instant dan minyak goreng. Alokasi Bansos di Desa diperhitungkan berdasarkan dengan Jumlah  dari Total Dana Pinjaman SPP yang ada di masing-masing desa dibanding dengan Total keseluruhan Total Pinjaman SPP se-kecamatan dan dikalikan dengan prosentase bansos dari Surplus Pengelolaan di UPK pada 1 tahun anggaran sehingga diperolehlah Alokasi Dana Rp 69.860.000,-

Dari Alokasi yang ada tersebut Pelaku PNPM – MP Kecamatan Campurdarat bersama dengan pelaku di desa baik KPMD maupun TPK melakukan identifikasi tentang kondisi masyarakat di desa masing-masing. Kegiatan yang ada ini melibatkan peran serta seluruh komponen yang ada di masyarakat dari PNPM MPd.
Kegiatan penyaluran paket bansos dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2014 bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional yang mana tanggal tersebut sengaja dipilih untuk dapat memberikan semangat bagi kita semua yang ada sebagai simbolisasi semangat “kebangkitan  bersama berjuang keluar dari kemiskinan” dilaksanakan di Balai Pertemua Desa Sawo secara simbolis. Untuk desa yang lainnya akan dilaksanakan pada hari berikutnya.
Dengan tema “Membangun Generasi Mandiri dan Peduli Sesama Bersama PNPM MPd” PNPM MPD Kecamatan Campurdarat bertekad keluar dari kemiskinan dengan semangat peduli sesama. Dengan diadakannya pelaksanaan bansos surplus UPK TA 2013 ini pada dasarnya mengajak turut serta seluruh komponen masyarakat yang ada di Kecamatan Campurdarat untuk dapat berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan PNPM MPd salah satunya adalah SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan) yang mana bunga yang ada disetiap pinjaman sebagian dikembalikan lagi kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan sosial.
Pada acara penyaluran bansos surplus UPK TA 2013 ini, UPK Kecamatan Campurdarat bekerjasama dengan Bank Jatim Cabang Pembantu Kecamatan Campurdarat yang memberikan dukungan berupa uang tunai yang dialokasikan untuk seragam bagi panitia serta spanduk. Turut hadir dalam kegiatan penyaluran bansos surplus UPK TA 2013 meliputi seluruh komponen pelaku PNPM MPd sekecamatan Campurdarat (BKAD-BPUPK-UPK-PL-KPMD-TPK), PjOKecamatan Campurdarat, Camat Campurdarat, Kapolsek Campurdarat, Komandan Rayon Militer Campurdarat, Perwakilan dari Satker BPM-PD Kabupaten Tulungagung, Perwakilan dari Bank Jatim Cabang Pembantu Kecamatan Campurdarat. Dalam kesempatan tersebut Ketua BKAD Bapak Heri Kusbandi menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran bansos ini tidak terlepas dari kegiatan SPP yang ada di Kecamatan Campurdarat yang pada setiap tahunnya mengalami peningkatan baik jumlah kelompok yang ada juga jumlah dana yang dapat terserap di masyarakat. Senada dengan Ketua BKAD, Camat Campurdarat menyampaiakan kegiatan ini dapat terselenggara berkat partisipasi aktif masyarakat dalam kegiatan PNPM MPd khususnya pada kegiatan Simpan Pinjam Khusus Perempuan yang ada di Kecamatan Campurdarat. Dan beliau berpesan dalam kesempatan tersebut untuk senantiasa turut aktif dalam pengelolaan dan penggunaan dana PNPM MPd yang ada di Kecamatan Campurdarat. PNPM MPd tidak hanya jalan, gedung, saluran air. Tetapi juga ada pelatihan dan pinjaman bergulir yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sendiri.

Panitia bersama Tim Fasilitator Kecamatan berfoto bersama seusai pelaksanaan



Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar :

Posting Komentar

Tragedi Kemiskinan Yang Sesungguhnya Adalah Kemiskinan Dari Aspirasi
 
Toggle Footer