Logo

Logo
Breaking News
Loading...
Selamat Datang Di Media Informasi dan Komunikasi Dari PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Campurdarat
Selasa, 16 September 2014

Audit Internal Sebagai Fungsi Kontrol

Selasa, September 16, 2014


Kegiatan Pengendalian dalam PNPM Madiri Perdesaan terdiri dari pemantauan, pengawasan, audit, evaluasi dan pelaporan.
Audit adalah suatu fungsi penilaian independent yang dibuat dalam kebijakan pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan untuk melakukan penilaian dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. (PTO 2014, Penjelasan VII)
Kegiatan Pemantauan, Pengawasan, Audit dan Evaluasi, berdasarkan subyeknya dibedakan menjadi 3 yaitu : internal, eksternal dan masyarakat.
Untuk Audit eksternal, adalah kegiatan pemantauan, pengawasan, audit dan evaluasi yang dilakukan oleh pemangku kepentingan lain yang terkait di luar jalur structural dan fungsional, termasuk audit yang dilakukan oleh BPK, BPKP dan Inspektorat.
Untuk Audit Internal, adalah kegiatan pemantauan, pengawasan, audit dan evaluasi yang dilakukan oleh jalur struktural (Pusat dan Daerah) dan Fungsional (Konsultan dan Fasilitator).
Audit External oleh BPKP telah kita lalui pada bulan Juni tahun 2014. Pada tanggal 16 September 2014 dilaksanakan Audit Internal oleh Fasilitator Kabupaten Bidang Pemberdayaan, Bapak Nanang Kusriyanto, S. Pd. Audit kali ini lokasi yang dilaksanakan bertempat di Desa Wates. Adapun fokus audit adalah perencanaan PNPM MPd TA 2014 dan pemeliharaan sarana prasarana TA 2012.
Audit sendiri pada dasarnya sebagai fungsi kontrol untuk memperbaiki kekurangan yang ada untuk dapat menyempurnakan pada pelaksanaan mendatang. Untuk itu, Bapak Nanang dalam kesempatan tersebut selain memeriksa juga memberikan masukan atas temuan yang dirasakan perlu perbaikan. Seperti tanda tangan, waktu pelaksanaan. Pelaksanaan audit dirasakan dalam suasana kehangatan sehingga auditee tidak nampak tertekan, malah lebih antusias karena memahami bagaimana seharusnya proses dilaksanakan menjadi lebih baik waktu mendatang.
Selain audit administrasi, juga dilakukan audit lapang pemeliharaan saran prasarana BLM PNPM MPd TA 2012. Adapun sarana prasarana yang menjadi obyek adalah kegiatan jalan paving, Dimana jalan tersebut terjaga dan terawat dengan baik berkat gotong oyong warga yang rutin melakukan kegiatan bersih lingkungan. Hal itu merupakan bentuk terimakasih atas terlaksananya kegiatan yang telah masyarakat rencanakan.

0 komentar :

Posting Komentar

Tragedi Kemiskinan Yang Sesungguhnya Adalah Kemiskinan Dari Aspirasi
 
Toggle Footer