Logo

Logo
Breaking News
Loading...
Selamat Datang Di Media Informasi dan Komunikasi Dari PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Campurdarat
Sabtu, 30 Agustus 2014

Bersama Kita Bisa

Sabtu, Agustus 30, 2014



Falsafah itu yang kiranya ada di dalam benak TPK Desa Gedangan ketika melaksanakan trial pekerjaan kegiatan pembangunan Gedung Posyandu PNPM MPd TA 2014 pada tanggal 30 Agustus 2014. Dengan arahan serta supervisi oleh Bapak Ir. I B Iwan Budhiarta selaku Fasilitator Kecamatan Campurdarat, dilaksanakan trial pekerjaan. 
Yang menarik adalah pada saat pelaksanaan pekerjaan selain melibatkan masyarakat Desa Gedangan, juga melibatkan anggota TNI dari Koramil Kecamatan Campurdarat. Bahu membahu antara masyarakat bersama TNI.
Semangat kepedualian serta kebersamaan telah menjadikan masyarakat dan anggota TNI Koramil Campurdarat dalam pelaksnaan kegiatan PNPM MPd bahu membahu tanpa ragu melaksanakan kegiatan pembangunan Gedung Posyandu.

            Dengan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, dan keswadayaan masyarakat, bukanlah hanya simbolis dan seremonial belaka. Namun lebih dari itu, hendaknya bisa untuk menggugah semangat masyarakat untuk aktif dalam membangun desa dan daerahnya dengan implementasi yang nyata.
”PNPM ini merupakan roh dari semangat gotong royong. Dan gotong royong sendiri merupakan sikap bangsa dengan melibatkan seluruh masyarakat untuk mencapai tujuan yang lebih baik,”
Dengan perencanaan partisipatif mandiri, melaksanakan sendiri, serta mempertanggungjawabkan sendiri menunjukkan kepada masyarakat bahwa dengan perencanaan partisipatif mandiri tentunya kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan keinginan serta keinginan masyarakat. Artinya bantuan yang telah diserahkan secara terbuka ini, mampu dikelola, dimanfaatkan, dan dipertanggungjawabkan secara baik oleh kelompok masyarakat penerima. Dengan prinsip 4T harus dipegang teguh. Harus bermanfaat, dan jangan sampai ada masalah di kemudian hari. Karena semuanya berujung untuk kesejahteraan bersama. ”Tepat aturan, tertib administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat. Prinsip 4T ini jangan dilupakan. Termasuk untuk pengelolaan bantuan dana ini,”

0 komentar :

Posting Komentar

Tragedi Kemiskinan Yang Sesungguhnya Adalah Kemiskinan Dari Aspirasi
 
Toggle Footer